Perihal Teknik Sipil Dan Arsitektur

February 19, 2017
Dalam hal ini saya akan menjelaskan isu yang berkembang dikalangan akademisi dan masyarakat luas mengenai bidang ilmu, profesi dan hal lain yang berkaitan baik dalam segi materi kuliah dan runag lingjup pekerjaan. Untuk itu saya membuat postingan ini untuk meluruskan apa yang tidak benar sekaligus memberikan informasi.
Perbedaan Dan Persamaan Teknik Sipil Dan Arsitektur Ditinjau Dari Berbagai Sudut Pandang

Untuk yang pertama mungkin sebagian orang kurang mengetahui bahkan tidak tau bagaimana perkuliahan tenkik sipil dan prospek kerjanya seperti apa, masih sedikit yang mengetahui informasi tersebut bahkan karena identik dengan kata sipil maka kerjanya akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau sekarang apratur sipil negara (ASN). Mereka yang tidak tau berasumsi dengan kuliah di jurusan teknik sipil mereka belajar admisnistrasi perkantoran dan akan bekerja di kelurahan atau kecamatan dan sebagainya.
Untuk yang ke dua sebagian orang mengetahui teknik sipil itu sama dengan arsitek karena mereka mengetahuinya sipil itu menggambar bangunan, baik itu bangunan rumah, gedung, apartemen atau bangunan lainya. Sipil dan arsitek itu merupakan satu habitat tetapi berbeda cabang ilmu, perkuliahan-nya berbeda, yang di ajarkan juga berbeda, satu fakultas tetapi ada jurusan teknik sipil dan jurusan arsitektur.
Pengertian Teknik Sipil Dan Arsitektur
Untuk menjawab sekelumit hal di atas, dalam tulisan ini saya mengulas dengan sederhana bagaimana perbedaan sipil dan arsitektur, perkuliahan jurusan sipil dan arsitektur, serta bagaimana prospek peluang pekerjaan dan tipe pekerjaaan untuk kedua jurusan tersebut seperti apa.
Teknik sipil ialah ilmu yang mempelajari bagaimana merancang, membangun dan merenovasi tidak hanya gedung ataupun bendungan tetapi juga infrastutur sperti jalan dan jembatan, real estate/perumahan serta lingkungan untuk menciptakan berbagai sarana demi tercapai kemaslahatan hidup manusia disekitarnya. Sedangkan teknik arsitektur adalah ilmu yang hanya mempelajari pada pembentukan dan pengolahan ruang. Untuk lebih lengkapnya saya mengulas ditulisan ini.
Kuliah Teknik Sipil Dan Arsitektur
Perihal Pengertian Teknik Sipil Dan ArsitekturSaya akan mulai mengulas dari perbedaan dan kesamaan-nya, untuk arsitektur secara teknis di dalam perkuliahan tidak diajarkan menghitung struktrur seperti hal-nya struktur bangunan tahan gempa ,struktur beton bertulang, jurusan arsitektur tidak menjadikan fokus utamanya bahwa banguan itu didalam pelaksanaan pekerjaannya harus mudah, ekonomis dan aman, arsitektur menjadikan imajinasi sebagai ideu ,gagasan, kemudian disajikan kedalam konsep bangunan dalam bentuk gambar.
Selain menuangkan konsep kedalam bentuk konsep gambar yang dirujuk oleh owner, arsitek juga menyesuaikan dan bepikir agar bangunan tersebut tampak bagus, indah, menawan dan tidak berbentuk kubus.
Berbeda hal-nya dengan jurusan teknik sipil ,orang yang kuliah dijurusan tersebut justru merencanakan struktur, menghitung dan menganalisis dari mulai beban hidup, mati, gempa, angin dan sebagainya, dari mulai atap sampai pondasi semuanya direncanakan sesuai standar yang berlaku bahkan rencana anggaran biaya (RAB) juga dihitung demi terciptannya konstruksi bangunan yang aman dan ekonomis.
Beberapa mata kuliah teknik sipil diantaranya seperti, rekayasa pondasi, mekanika bahan, analisis struktur ,beton bertulang, untuk aplikasi yang digunakan juga beda, mungkin sama menggunakan autocad tetapi ada aplikasi yang berbeda, untuk teknik sipil ketika merencanakan struktur atau membuat pemodelan menggunakan aplikasi Sap2000, etabs, sanspro, midas ,stadpro ,dan untuk arsitektur menggunakan 3dsmax, sketch-up, archicad, sweethome untuk mendesain bangunan mulai dari bentuk ,tampak ,eksterior dan interior.
Ruang Lingkup Pekerjaan Teknik Sipil Dan Arsitektur
Sekarang kita berbicara mengenai ruang lingkup dua jurusan tersebut mulai dari peluang pekerjaan dan tipe pekerjaan, seperti yang telah dikatakan seblemunya, bahwa sipil dan arsitek merupakan satu habitat, artinya bertujuan untuk merencanakan dan membangun, katakanlah gedung atau apartemen, seseorang yang merupakan lulusan sipil dan arsitektur bisa berada didalam satu perusahaan atau berbeda perusahaan tetapi satu tim dengan maksud untuk merencanakan dan melaksanakan proyek tertentu dengan tujuan banguan tersebut siap digunakan.
Ketika orang berada di tim untuk sebuah proyek konstruksi, tentu setiap orang mempunyai porsi pekerjaanya masing – masing sesuai dengan profesinya. Saya menggambarkan begini, misalnya Pemprov DKI ingin membangun gedung perkantoran, katakanlah dalam proyek ini kementrian pekerjaan umun dan perumahan rakyat (PUPR) selaku dari pihak pemprov DKI adalah owner, artinya yang mempunyai proyek, karena ini merupakan proyek pemerintah.
ketika ingin membangun gedung tersebut tentunya memerlukan jasa ,baik itu konsultan dan kontraktor ,dari owner proyek tersebut di tender kan, setelah itu direncanakan oleh konsultan dan pelaksanaan lapangan oleh kontraktor ,konsultan itu ada konsultan perencana ,konsultan pengawas, konsultan mekanikal, elektikal  dan konsultan arsitektur ,dalam hal ini kita bicara konsultan arsitektur, seorang profesi arsitek akan mulai membuat bentuk bangunan tersebut sesuai dengan pesanan pemilik proyek, mislanya ingin 5 lantai, lantai 1 dan 2 ruangan ini dan itu dan seterusnya.
kemudian seorang arsitek mulai mendesain seluruh bangunan dari setiap sudut ke sudut berikutnya serta memperhitungkan pencahayaan untuk lampu, misalnya jarak lantai dengan lampu yang terpasang ,dengan luas ruang tersebut ,serta desain eksterior dan interior.
Diatas merupakan ulasan sederhana bagaimana arsitek bekerja ,sekarang masuk kebagian sipil ,setelah pihak arsitek merampungkan gambar tersebut ,kemudian gambar itu diberikan kepada orang sipil yang mungkin berada didalam konsultan perencana untuk dibuat pemodelan struktur, sloof ,balok, kolom, pelat lantai akan dibuat sesuai dimensi yang sudah direncanakan.
Setelah itu dimasukan pembebanan yaitu beban – beban yang terjadi pada gedung kemudian di analisis apakah pemodelan struktur seperti itu akan kokoh atau boros, disisni keltika terdapat item seperti balok, kolom yang tidak kuat menahan beban maka akan diperbesar dimensi atau meningkatkan mutu dari beton tersebut, apabila terdapat item yg terlalu boros, artinya dimensi besar akan di perkecil, yang penting itu bagaimana bangunan itu aman dan ekonomis.
Untuk peluang pekerjaan cakupannya sangat luas apalagi orang sipil, sesuai dengan namanya, sipil itu berhubungan dengan masyarakat luas, ketika lulus ingin membuat Cv sendiri juga bisa atau konsultan asalkan mempunyai tenaga ahli, penanggung jawab yg ahli di bidang tersebut, ini merupakan salah satu dari persyaratan membuat cv ,untuk mebuat cv kontraktor asalkan mempunya modal, relasi dan melengkapi persyaratan lainya. Selain itu bisa bekerja di perusahan kontraktor BUMN, swasta, konsultan dan menjadi tenaga ahli untuk beberapa proyek.
Banyak sekali join proyek yang bisa ditangani oleh orang sipil, mislanya dengan perusahaan tambang, atau industry minyak dan gas, ketika perusahaan ingin membuat bangunan lepas pantai, tentu orang sipil yang merencanakan konstruksi tersebut, dan untuk eksplorasi minyak dilakuan oleh teknik kelautan atau orng tambang, itu salah satu join orng sipil dengan beberapa perusahaan, begitu juga dengan arsitek, selain bisa menerima pesananan rumah dari perorangan, bisa juga bekerja untuk perusahaan untuk mendesain apartemen dan yang lain.
Konsentrasi Teknik Sipil
Teknik sipil mempelajari berbagai hal pengetahuan diantaranya biologi, fisika, kimia, matematika, geologi, lingkungan dan komputer, teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.
Di Universitas negri maupun swasta khususnya di Indonesia arsitektur dan teknik sipil dibagi kedalam beberapa konsentrasi, meskipun ada universitas yang mencakup umum, artinya semua konsentrasi atau cabang ilmu dipelajari. Berikut merupakan konsentrasi dari teknik sipil:
1)    Informatika Teknik Sipil
Ini merupakan konsentrasi baru yang masih jarang di Indonesia Ilmu ini mempelajari penerapan komputer mulai dari pengenalan software atau program untuk pemodelan, perhitungan dan analisis, jadi fokus mempelajari program – program struktur analisis seperti sap2000, etabs, stadpro, autocad, program lain untuk analisis tanah dan pemodelan lingkungan dengan teknologi geographic information system (GIS).
Orang yang mengambil konsentrasi ini patut mampu membuat pemodelan sesuai proyek apa yang sedang dikerjakan, dengan menggunakan sap2000 pemodelan seperti struktur gedung, jembatan, tower, 2D trusses, 3D trusses, Frsme, Wall, flat slab, staircases, underground concrete, cable bride, begitu juga dengan program lainya, setipa program menyediakan model masing-masing.
2)    Hidrologi
Merupakan ilmu yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air seperti cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai, jaringan perpiaan, didalam konsentrasi ini mengenal kata hidrolika, hidrolika itu mempelajari sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dan sebagainya proyek dalam lingkup ini seperti bangunan air, pelabuhan, irigasi, waduk, bendungan, bendung, kanal atau fasilitas disekitar pantai, salah satu praktikum hidrologi menghitung debit air dengan sebuah alat di laboratorium.
3)    Tranportasi
Konsentrasi ini mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya, orang yang mengambil konsentrasi ini secara sederhana patut mengenal dan mengetahui tipe jalan dan hal lainya, salah satu praktikum konsentrasi transportasi seperti menghitung kepadatan laulintas pada segmen jalan tertentu.
4)    Teknik Lingkungan
Ilmu yang mempelajari permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.
5)    Struktur
Konsentrasi struktur mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut.
Pada konsentrasi ini mempelajari lebih mendalam berbagai hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur, mata kuliah-nya seperti betin bertulang, struktur baja, mekanika tanah, rekayasa gempa, dan sebagainya. Ruang lingkup konsentrasi struktur jenis proyeknya seperti struktur gedung, fly over, jembatan, basement, terowongan dan lain-lain.
6)    Manajemen Konstruksi
Mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, tender atau pelelangan, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.
7)    Geoteknik
Bagi yang mengambil konsentrasi ini akan mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan jenis batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan - keadaan tanah di daerah tertentu, kemudian membawa sample lapangan dan dilakukan penyelidikan di laboratorium serta perencanaan konstruksi tanah dan batuan, seperti timbunan, galian, terowongan tanah lunak, terowongan batuan, bendungan tanah/batuan, dan lain-lain.
Tokoh Arsitektur Dan Teknik Sipil Indonesia
Untuk bidang arsitertur juga di setiap universitas memiliki hal yang sama yaitu mempunyai konsentrasi seperti arsitektur kota dan urban desain, perumahan dan perkotaan, teknologi dan manajemen, sejarah teori dan filosofi, setiap konsentrasi memiliki peranan dan pasarnya masing – masing.
Tokoh Teknik Sipil & Arsitektur Indonesia
Ada beberapa tokoh teknik sipil Indonesia diantaranya, Sedijatmo, Tjokorda Raka Sukawati, Wiratman Wangsadinata, Soekarno, Djoeanda Kartawidjaja, kenapa bisa disebut tokoh, salah satunya adalah konsep dan pemikiranya yang didedikasikan untuk bangsa Indonesia khususnya dalam bidang pembangungan, berikut diantaranya:
1)    Sedijatmo
Terkenal dengan cakar ayam, cakar ayam adalah pondasi yang ditemukanya dan dikembangan dari tahun ke tahun.
2)    Wiratman Wangsadinata
Beliau adalah penggagas peraturan gempa Indonesia, jikalau saudara yang belajar di sipil dan merencanakan struktur, ketika saudara memakai rujukan peraturan gempa, beliau lah yang menggagasnya.
3)    Tjokarda Raka Sukawati
Beliau merupakan penemu konstruksi sosrobahu yang memudahkan saat pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas, salah satu proyek di Jakarta yang terkenal menggunakan konstruksi sosrobahu ialah proyek Cawang – Tanjung priok.
Untuk tokoh arsitek Indonesia saya sendiri banyak mengetahui dari buku yang saya baca, meskipun tidak semua saya mengenalnya karena sebagian sudah ada yang meninggal, saya sebutkan dibawah ini:
4)    Fredrich Silaban
Saya sangat mengagumi karya dan seni beliau, dari sekian banyak bangunan yang saya jumpai khusunya di ibukota Jakarta, konsep arsitektur beliau membuat saya takjub seperti Masjid Istiqlal, untuk proyek lainya seperti Monumen Nasional (Monas) dan Gelora Senayan.
5)    Y.B Mangunwijaya Pr
Dari buku yang say abaca beliau merupakan seorang humanis, kecintaanya kepada rakyat kecil diwujudkan dengan membangun sebuah yayasan, hubungan arsitektur dan sosial melekat pada dirinya, untuk proyek pembangunan karya – karya nya seperti, Pemukiman warga tepi Kali Code, Gedung Keuskupan Agung, Kompleks Religi Sendangsono, Markas Kowihan II, Biara Trappist Gedono, Gereja Maria Assumpta, Wisma salam Gereja Maria Sapta Duka, Gereja Katolik St. Pius X.
6)    Ridwan Kamil
Untuk nama tersebut mungkin sebagian orang ada yang menyebut tokoh arsitek masa kini atau modern, misalnya didalam konsepnya beliau memakai beberapa teori untuk merancangnya, salah satunya adalah teori analogi, ialah didalam perancangan diperlukan nilai – nilai atau symbol dari bangunan tersebut, karena meyakini bahwa analogi bisa membuka cakrawala kemungkinan-kemungkinan bentuk yang baru.
Demikian tulisan dari saya yang sederhana, hanya menjadi speker, pengeras atau penyambung dengan informasi yang saya ketahui, jikalau terdapat kesalahan saya mengharapkan koreksi dari saudara – saudara sekalian, semoga ulasan informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

0 komentar