Pengertian Dan Jenis-Jenis Mobile Crane

March 08, 2018
Seiring berkembangnya industri produsen juga menciptakan sesuatu yang di peruntukan membantu manusia dalam memudahkan pekerjaanya, berupa alat berat yaitu mobile crane. Dengan kekuatan mesin uap dan system hydrolik pengerjaan bongkar muat juga tidak perlu lagi menggunakan manusia atau hewan, Kekuatan mesin pertama kali dikenalkan pada abad 18 atau 19 dengan daya yang disediakan mesin uap. Untuk crane modern menggunakan daya listrik dan sistem hidrolik untuk memberikan kemampuan mengangkat jauh lebih besar dari sebelumnya
Definisi Mobile Crane
Pengertian Dan Jenis-Jenis Mobile Crane
Jenis Mobile Crane
Mobile Crane adalah alat pengangkat yang pada umumnya dilengkapi dengan drum tali baja, tali baja dan rantai yang dapat digunakan untuk mengangkat dan menurunkan material secara vertikal dan memindahkannya secara horizontal.
Mobile Crane dilengkapi dengan beragai peralatan untuk memudahkan pekerjaan atau pergerakan dari crane tersebut. Crane biasanya digunakan pada industri transportasi untuk memuat atau membongkar muatan barang, peti kemas dan lain sebagainya. Pada industri konstruksi bangunan digunakan untuk memindahkan material bangunan atau memasang peralatan berat diatas ketinggian tertentu.
Kelebihan Truck Dan Mobil Crane
Mobil dan truck crane memiliki kelebihan dari jenis crane-crane lainnya yang antara lain adalah:
1)    Mobil dan truck crane dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan pada jarak yang cukup jauh.
2)   Mobil dan truck crane yang menggunakan lengan (boom) jenis teleskopik, dapat dipanjang atau dipendekkan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih efektif.
3)  Mobil crane ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan truck crane, sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang relatif lebih sempit.
4)   Mobil crane hanya memiliki satu kabin operator, sedangkan truck crane memiliki dua kabin operator.
Jenis Mobil Crane
1)    Rough Terrain Crane
Jenis crane ini untuk beroperasi di medan kasar dengan kemampuan all whell drive dan ban karet. Crane ini tidak terbiasa diperbolehkan jalan dijalan umum.
2)    Carry Deck Crane
Adalah mobil crane yang lebih kecil yang melakukan perjalanan menggunakan empat roda dan mampu memutar booming-nya secara penuh 360 derajat.
3)    Crawler Crane
Crane ini menggunakan track untuk mobilisasi dan dilengkapi dengan teleskopik yang baik. Karena crane ini adalah self-popelled maka dia mampu bergerak disekitar situs kontruksi dan melakukan pekerjaan tanpa banyak set-up.
4)    All Terrain Crane
Merupakan crane multifungsi yang dirancang untuk digunakan pada kedua jalan raya beraspal halus atau off-road dengan kecepatang hingga 40 mph. Biasanya crane ini mengunakan all whell drive yang didukung oleh 1 atau 2 mesin dan memiliki derek hidrolik.
5)    Hydraulic truck Crane
Standar dalam mobil crane hidrolik truck crane dapat mengangkat ribuan pound menggunakan tenaga hidrolik yang mengndalkan kekuatan melalui minyak untuk mendorong piston boom dalam arah yang berlawanan. Truck hidraulik crane sangat penting untuk membangun proyek proyek besar seperti jembatan, gedung, bandara, jalan raya.
6)    Reachstacker
Reachstacker merupakan salah satu tipe pesawat pengangkat dimaksudkan untuk keperluan mengangkat dan memindahkan barang dari suatu tempat ketempat yang lain yang jangkauannya relatif terbatas. Reachstacker merupakan peralatan pemindah bahan yang paling flexible

Tabel Data Reachstacker

Tabel Data Reachstacker
T.boom 2 seksi teleskopik
Mmaks Berat kendaraan 68400 kg
W Beban maksimal 299008 N
u Jarak maksimum spreader dari tanah 15 m
l Wheel base 5,9 m
m Panjang lengan boom pendek/panjang 9,3/16,06 m
n/q Tinggi keseluruhan, min/max 4,7/18,1 m
o Lebar keseluruhan, 20feet/40feet 6,04/12,17 m
p Panjang Keseluruhan dengan lengan 11,5 m
r Panjang mobil 8 m
s Jarak roda terluar 4,2 m
t Jarak titik berat beban ke roda depan 1,9 m
T.boom 2 seksi teleskopik

Mekanisme Reachstacker
Reachstacker mempunyai beberapa mekanisme dalam melakukan kerja sebagai satu kesatuan dari mesin pengangkat. Beberapa mekanisme bersinergi menjadikan reachstacker dapat bergerak mengangkat sekaligus berjalan. Berikut merupakan mekanisme yang terdapat pada reachstacker yaitu:
1)    Mekanisme penggerak
2)    Mekanisme Pengangkat
Persamaan Keseimbangan
Persamaan keseimbangan pada reachstacker merupakan hal yang paling utama diketahui sebelum melakukan analisis menyeluruh tentang mekanisme gaya yang terjadi. Dengan menggunakan rumus dasar gaya yaitu:
F = m • a
dapat ditentukan suatu persamaan keseimbangan benda bebas yang menjadi dasar bagi analisis keseimbangan pada reachstacker. Pada saat reachstacker berjalan dengan mengangkat beban maka persamaan keseimbangan yang dapat digunakan untuk komponen sumbu x yaitu:
Σ Fx = m • ax
dimana ax merupakan percepatan yang terjadi pada reachstacker yang sedang
bergerak. Untuk komponen gaya pada sumbu y digunakan rumus
Σ Fy = 0;
Σ Fy = 0;
Σ M = 0
Nilai 0 disebabkan karena perubahan percepatan yang terjadi pada gerakan vertical reachstacker sangat kecil sehingga bisa diabaikan. Pada saat akselerasi dan pengereman persamaan yang dapat digunakan yaitu persamaan:
MG = IG • α
Dimana:
MG    = Merupakan momen pada titik berat
Α      = Merupakan percepatan sudut
IG     = Merupakan momen inersia pada titik berat.
Analisis dan Perhitungan
Pada Analisis Gaya Kesetimbangan Pada Kondisi Idle Kondisi idle reachstacker merupakan kondisi dimana lengan pengangkat tidak mengangkat beban dan posisi lengan sejajar dengan permukaan tanah.
Analisa gaya yang terjadi pada reachstacker dapat pecah menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga bagian besar yaitu:
1)    Bagian Lengan/Boom
Bagian lengan pengangkat memiliki dua posisi tumpuan yaitu titik a dan titik c. adapun gaya lain yang terjadi berupa gaya yang berasal dari berat lengan penyangga itu sendiri maupun yang berasal dari berat peti kemas dan komponen pengangkat spreader dan trolley.
2)    Bagian Penyangga Hidrolik
Bagian penyangga hidrolik merupakan batang dua gaya. Gaya yang terjadi sama besar dan berlawanan arah. Sudut yang terjadi pada lengan penyangga hidrolik dengan permukaan tanah disebut sudut β.
3)    Bagian Mobil Reachstacker
Bagian mobil reachstacker merupakan bagian yang menopang seluruh komponen yang ada. Pada mobil reachstacker terdapat gaya gaya yang secara langsung mempengaruhi kestabilan dari seluruh komponen pada reachstacker. Gaya gaya yang terjadi meliputi gaya normal yang ada pada bagian roda. Bila gaya normal yang terjadi pada masing masing roda bernilai negatif itu berarti terjadi jungkir atau tidak seimbang pada reachstacker.
Analisa Gaya Pada Lengan Pengangkat
Dengan menggunakan persamaan maka dapat dihitung kesetimbangan pada reachstacker. analisa dibagi menjadi dua bagian besar yaitu pada bagian lengan lalu analisa kesetimbangan pada bagian mobil reachstacker Dari data survey didapat:
α maks      = 600
G      = 49050N (berat trolley dan komponen pengait spreader)
W     = m.g
W     =40000 kg x 9,81 = 392400 N
Dimana:
Α      = Yaitu sudut lengan pengangkat maksimum terhadap garis horizontal
G      = Yaitu berat trolley dan spreader (komponen pengait peti kemas)
W     = Yaitu berat peti kemas dengan kapasitas maksimum 40 ton.
Panjang lengan penyangga hidrolik maksimum yaitu 6,5 meter dan minimum yaitu 3,5 m. Untuk sudut antara penyangga hidrolik dengan sumbu x dapat ditentukan melalui verifikasi berdasarkan panjang lengan penyangga hidrolik.
Sudut yang terjadi tidak banyakmengalami perubahan. Panjang lenganhidrolik yaitu 3,5 m dan panjangmaksimum lengan penyangga hidrolikyaitu 6,5 m. Maka persamaan kesetimbangan pada boom pengangkat dapat dilihat pada gambar 6, maka diperoleh:
Fx = 0
Fax – Fcb cos 56 = 0
Fy = 0
Fay + Fcb sin 56 –W3 – W4 = 0
Fay + Fcb sin 56 = 196200 N
Ma = 0
W4 • r1 – W3 • r2 + Fcb sin56 • R3 = 0
Dimana:
R1     = Yaitu panjang lengan sebesar 9,5 m
R2     = Yaitu jarak titik tumpu ke titik berat lengan sebesar 4,8 m
R3     = Yaitu jarak titik tumpu ke titik penyangga hidrolik 3,15 m
maka didapat:
Fcb = 535,3 kN
Dengan mensubstitusikan persamaan 3 ke 1 didapat nilai
Fax = 299,34 kN
Dengan mensubstitusikan persamaan 3 ke 2 didapat nilai
Fay = 247,59 kN
Analisa gaya pada mobil reachstacker Dengan metode persamaan kesetimbangan, Asumsi terjadinya jungkir pada reachstacker yaitu bila gaya normal yang terjadi pada titik sentuh roda belakang atau roda depan dengan permukaan tanah 0.
ΣMrear = 0
2Nrear = 354,44 kN
Jadi pada saat kondisi idle yaitu tanpa pembebanan, gaya normal yang terjadi pada roda depan sebesar 811,73 kN dan gaya yang diterima pada roda belakang sebesar 354,44 kN. Analisis Gaya Pada Kondisi Sudut Dan Panjang Lengan Pengangkat Bervariasi Tanpa Pembebanan.
Gaya normal pada tumpuan roda dengan variasi sudut lengan pengangkat. Sudut lengan pengangkat merupakan salah satu varibel bebas dari perhitungan kesetimbangan yang terjadi pada mekanisme reachstacker.
Variasi sudut lengan pengangkat ini diambil dengan interval 10°. Perhitungan dimulai pada saat kondisi idle atau 0° sampai dengan kondisi maksimum yaitu 60°. Perhitungan dilakukan berbagai sudut lengan dengan panjang lengan minimum 9,5 meter.
Variasi panjang lengan diambil dengan interval 0,5 meter. Penentuan interval ini digunakan untuk menjaga tingkat keakurasian perhitungan. Panjang lengan dimulai pada kondisi memendek atau posisi idle sampai pada posisi maksimum yaitu 15,5 meter.
Demikian materi untuk salah satu alat berat ini, saya sudah menjelaskan materi tersebut dan semoga bermanfat bagi saudara yang membutuhkan referensi untuk perkuliah teknik sipil ataupun dunia kerja, sekian dan terimaksih.

0 komentar