Panduan Lengkap Print AutoCad

April 26, 2018
Mencetak lembar kerja autocad merupakan salah salah satu bagian penting dan perlu bisa bagi setiap engineer, postingan ini menjelaskan dengan lengkap bagaimana langkah-langkah untuk print autocad dan menjelaskan menu, tool box yang berada dalam kotak dialog. Berbagai pilihan sangat menentukan hasil lembar kerja yang akan di cetak, apakah sesuai atau tidak, untuk kesempurnaan hasil print out tersebut haruslah mengetehaui bagian dari tool box tersebut dan fungsinya seperti apa. Di bawah ini dijelaskan langkah-langkah dan kotak dialog beserta fungsinya.
Cara Print/Cetak AutoCad
Langkah-langkah untuk mencetak/print lembar kerja AutoCad:
1)  Dari menu file pilih plot atau dari keybord ketilk plot kemudian enter.
2) Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog plot seperti gambar yang tertera
3)  Dari kotak dialog ini tentukan pilihan-pilihan yang diinginkan.
4)  Kemudian klik OK.
Kotak dialog ini digunakan untuk menentukan media dan peralatan cetak. Untuk mengirimkan lebih dari satu layout pada peralatan pencetak, pilih tab layout untuk memilih layout yang anda inginkan, kemudian klik tombil plot.
Bagian Kotak Dialog
Bagian-bagian kotak dialog ini adalah sebagai berikut:
1.  Layout Name
Menampilkan nama layout saat ini atau menampilkan “selected layout” jika tab multiple dipilih. Apabila pada saat memilih plot, yang aktif saat ini adalah tab model, layot name akan menampilkan model.
2.  Save Change To Layout
Dengan memilih pilihan ini anda dapat menggunakan kotak dialog plot dalam layout. Jika dipilih adalah multiple layout, maka pilihan ini tidak akan aktif.
3.  Page Setup Name
Menampilkan daftar nama page setup yang disimpan. Anda dapat memilih salah satu dari daftar nama ini, atau anda dapat menambahkan page setup yang baru dengan memilih tombol add.
4.  Tab Plot Device
Menentukan alat pencetak yang akan digunakan, plot style table, layout yang akan dicetak dan informasi tentang pencetakan ke file.
5.  Plotter Configuration
Yaitu menkonfigurasikan printer atau plotter ke dalam system AutoCAD. Disini anda dapat menambah daftar printer/plotter baru dan mengaktifkannya, memodifikasi jenis printer yang sudah dikonfigurasi dalam sebuah file lain.
6.  Property
Tombol ini digunakan untuk mengatur konfigurasi Plotter.
7.  Hint
Tombol ini digunakan untuk meminta informasi tentang plot.
8.  Plot style Table (Pen Assignments)
Mengatur model printer, mengedit atau menambahkan jenis printer lain.
9.  What to plot current tab
Mencetak model terpilih atau tab layout.
10.  Selected Tabs
Yaitu mencetak tab terpilih.
11.  All Layout Tabs
Mencetak semua tab layout.
12.  Number of Copies
Menentukan jumlah hasil copy.
13.  Plot To File
Tombol ini digunakan bila ingin mencetak gambar kedalam file, dengan tujuan agar file tersebut dapat diterima oleh sebagian besar program grafis lainnya. Eksistensi fil tersebut adalah PLT. File Name yaitu menentukan nama file yang akan dicetak. Location yaitu menampilkan lokasi (direktori file).
14.  Tab Plot Setings
Menampilkan standar kertas plot yang terpilih.
15. Paper size
Yaitu untuk menampilkan ukuran ketas
16.  Printable Area
Yaitu menampilkan area aktual dari ukuran kertas yang terpilih.
17. Inches Or mm
yaitu memilih satuan Inchi atau mm.
18.  Drawing Orientation
Mengatur orientation kertas untuk plotter yang mendukung portrait dan landscape. Portrait yaitu posisi kertas arah vertical Lansscape yaitu posisi kertas arah horizontal
19.  Plot Upside Down
yaitu membalik posisi gambar diatas kertas hasil orientasi Layout Mencetak gambar berdasarkan ukuran kertas dan jarak margin.
20.  Extents
Metode ini akan mencetak seluruh bagian yang terbuang. AutoCAD akan mengabaikan ruang kosong tersebut tampak di layar.
21.  Limits Metde
ini akan mencetak gambar yang berada didalam batas kertas atau limit.
22.  Display
Pilihan ini digunakan bila anda ingin mencetak gambar yang terlihat di layar sekarang. Daerah efektif percetakan adalah sebagian besar layar.
23.  View
Metode ini digunakan untuk mencetak view yang telah disimpan. View belum dapat diambil bila belum ada nama view yang dipilih. Untuk memilih view, klik tombol view yang berada dibawah kotak dialog.
24.  Window
Pilihan ini digunakan untuk mencetak bagian-bagian tertentu dilayar dengan cara menentukan dua titik dilayar (sama dengan kerja rectangular). Pilihan ini tidak dapat diaktifkan bila anda belum menentukan daerah yang akan dicetak. Untuk menentukan daerah dilayar, klik tombol view kemudian klik tombol pick, lalu tentukan dua titik dilayar (sama dengan prinsip kerja rectangular).
25.  Plot Scale
Untuk mengontrol hasil cetakan. Defaults scale yaitu 1 : 1.
26.  Scale
Yaitu memilih skala gambar yang diinginkan.
27.  Custom
Yaitu kotak isian ini akan memilih skala cetak. Angka di sebelah kiri adalah ukuran gambar ketika dicetak dan angka disebelah kanan adalah ukuran gambar di layar.
28.  Scale Lineweights
Yaitu menentukan proposional skala pada ketebalan garis.
29.  Scale to fit
Dalam keadaan hidup AutoCAD akan mencetak gambar yang disesuaikan dengan ukuran kertas.
30.  Plot to offset Centre the plot
Yaitu untuk meletakkan gambar ditengah kertas. Plot options Plot with lineweight yaitu mencetak dengan ketebalan garis.
31.  Plot whit plot styles
Yaitu mencetak dengan menggunakan model printer yang aktif.
32.  Plot paperspace last
Yaitu mencetak dengan model space.
33.  Hide Objects
Yaitu mencetak objek dengan garis tersembunyi.
34.  Partial previews
Metode ini merupakan pilihan default, memperlihatkan batas-batas kertas yang diberi warna merah dan daerah efektif percetakan diberi warna biru. Full Preview AutoCAD akan memperlihatkan hasil cetakan secara utuh, yaitu geometri, berikut kertasnya dengan satu halaman penuh.
Pada setiap versi autocad memiliki tampilan yang berbeda, tetapi menu-menu tersebut tetaplah ada dan fungsinya sama seperti yang telah dituliskan diatas, dengan memahami setiap langkah dari materi ini semoga bisa cepat dimengerti oleh pembaca.

0 komentar