Teknik Meningkat Rumah Sistem Kayu

April 16, 2018
Memilik rumah sesuai dengan keinginan menjadi impian setiap orang, membangun dari awal, menentukan ruang dan material merupakan keinginian bagi siapa saja atau merenovasi rumah jika bangunan sudah tidak sesuai keinginan, keterbatasan lahan atau meningkatnya jumlah keluarga. Pemilihan material tentunya akan menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin membangun. Postingan ini menjelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan serta efisiensi membangun rumah menggunakan materil kayu. 

Kayu Untuk Bangunan
Teknik Meningkat Rumah Sistem Kayu
Rumah Sistem Kayu
Kayu merupakan material alam yang digunakan untuk berbagai keperluan terutama untuk bangunan dengan cara di olah kembali kemudian dibuat menjadi pintu, jendela, rangka atap atau perabot bahkan untuk rumah. Kayu menjadi icon untun beberpa orang, material tersebut tidak pernah ketinggalan zaman, yaitu ditandai dengan ada beberapa ahli rancang bangun atau arsitek menjadikan material ini untuk digunakan meskipun ada beberapa pandangan bahwa rumah yang menggunakan kayu menjadi tolak ukur kemampuan seseorang untuk membangun rumah.
Yang terbaik dan yang membuat material ini istimewa adalah kayu cukup mudah diakses dan disesuaikan dengan semua jenis hunian, sehingga pemilik rumah mempunyai banyak pilihan untuk menemukan beberapa model hunian yang dianggap menarik dan sesuai selara tentunnya.
Jauh sebelum bahan cor beton digunakan, masyarakat memakai bahan kayu untuk meningkat rumah. Sampai sekarang masih ada yang menggunakan kayu sebagai lantai atas, misalnya villa, resort, dan rumah nuansa alam. Harus diketahui setelah muncul bahan multipleks, kemudian lantai tingkat beralih ke bahan ini. Hal ini sudah dapat dimaklumi bahwa pemakaian bahan kayu banyak menanggung resiko seperti :
1)  Membutuhkan perawatan secara berkala,
2)  Rawan terhadap serangan rayap atau ngengat pemakan kayu,
3)  Rawan kebakaran,
4)  Tidak tahan air atau kelembapan
5)  Harga relatif mahal.
Selanjutnya pemakaian bahan kayu untuk lantai tingkat perlahan lahan mulai tergusur dan ditinggalkan akibatnya adanya risiko tersebut. Tetapi karena ada beberapa Alasan seperti ingin dipertahankan bentuk originalitas dan estetika arsiktektur yang diinginkan, maka dari itu berbagai upaya dan terbosan dilakukan seperti terobosan baru di bidang properti sebagai bentuk inovasi masih terus berkembang, ditandai dengan salah satu terobosan teknologi properti seperti penggunaan produk kayu kimia tahan api non-polusi dalam bahan bangunan rumah kayu menjadi pilihan sebagai langkah yang diyakini.
Dari beberapa terobosan, teknologi rumah kayu tahan api, tahan rayap, mudah disusun dan bisa menjadi pilihan. Apalagi teknologi ini mampu menghemat biaya pembangunan properti hingga 30 persen. Sistem bangunan menggunakan bahan bangunan kayu rekayasa tahan api dinilai dapat memenuhi kebutuhan perumahan yang terjangkau dengan cara yang ramah lingkungan, hemat biaya, dan efisien yang artinya pembangunan rumah bisa dilakukan cepat tetapi tidak mengurangi kualitas karena komponen rumah kayu yang direkayasa, seperti dinding, pintu, atap, dan lantai diproduksi di pabrik dan disatukan di lokasi. Rumah kayu juga dianggap sebagai solusi tepat dan memadai karena terjangkau dan memiliki keberlanjutan jangka panjang. Selain itu, keunggulan lain rumah kayu dalam pembuatan dan produksi otomatis, biaya fondasi lebih murah, konstruksi yang cepat, dan biaya pembiayaan yang jauh lebih murah. Rumah kayu juga dikenal tahan api, tahan air, tahan cuaca, tahan rayap, shock-proof dan load-bearing.
Kelebihan Material Kayu
1)  Memberikan Tampilan Beda
Tidak banyak rumah kayu di zaman sekarang, bahkan di desa sekalipun. Banyak orang membangun rumah tembok mengikuti perkembangan waktu sehingga keberadaan rumah kayu akan memberikan tampilan beda dengan sekitarnya. Apalagi rumah kayu dirancang dengan konsep modern sehingga memiliki daya tarik bagi yang melihat dan penghuninya.
2)  Memiliki Nilai Seni Dan Artistik
Salah satu kelebihan rumah kayu adalah kayu memiliki tekstur serat beragam yang sangat menarik. Bahkan tidak jarang banyak material yang membuat tiruan. Dinding dari kayu alami mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain. Apalagi kayu telah diproses dengan berbagai macam seperti diukir, dipoles, akan semakin menambah artistik rumah kayu. Terlebih, kini kayu tersedia dalam berbagai variasi tekstur dan warna. Anda dapat melakukan pemilihan sesuai dengan desain rumah yang ingin Anda bangun.
3)  Kemampuan Menyesuaikan Lingkungan
Kayu memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga material kayu dapat dibuat rumah sesuai desain yang dikehendaki. Mau bentuk rumah bergaya modern atau tradisional, kayu dapat memenuhi keinginan tersebut. Apalagi kayu dapat digunakan untuk lantai, furniture atau bagian rumah lainnya. Bahkan bak kamar mandi pun dapat terbuat dari kayu. Selain itu kelebihan rumah kayu saat direnovasi cenderung lebih mudah dilakukan.
4)  Memberikan Nuansa Alami Dan Sejuk
Ketika orang melihat sebuah rumah kayu, umumnya memiliki kesan alami atau natural dan sejuk, apa pun itu bentuknya. Hal ini disebabkan kayu adalah material alam sehingga rumah seperti menyatu dengan alam. Selain itu, ketebalan dinding kayu yang relatif tipis dan berpori dibandingkan dengan dinding tembok bata atau beton maka suhu ruangan akan terasa lebih sejuk.
5)  Memiliki Harga Jual Tinggi
Kelebihan rumah kayu yang lain adalah dapat menjadi sebuah investasi. Mengingat keberadaan kayu yang semakin langka dan saat ini banyak rumah kayu dengan sistem bongkar pasang, maka harga jual rumah kayu dapat semakin meningkat asalkan diolah dan dirawat dengan benar. Apalagi trean rumah hijau green house sedang berkembang sehingga nilai kayu dapat terangkat.
Kekurangan Rumah Kayu
1)  Harga Kayu Relatif Mahal
Untuk membuat rumah kayu yang bagus tentu membutuhkan kayu yang berkualitas seperti kayu ulin, jati, bangkirai, nyatoh dan sebagainya. Keberadaan kayu-kayu berkualitas tersebut sudah mulai berkurang sehingga harga kayu cenderung semakin mahal. Estimasi biaya yang dibutuhkan bisa lebih beras daripada rumah beton.
2)  Proses Kerja Relatif Rumit
Kalau hanya sekedar berdiri, hampir semua orang dapat membuat rumah kayu dengan cepat. Namun rumah kayu yang bagus baik itu penampilan dan kualitas memerlukan proses yang lebih rumit. Kekurangan rumah kayu adalah konstruksi dan desain bangunan yang lebih rumit daripada rumah biasa. Tidak semua tukang kayu dapat membuat perhitungan konstruksi rumah yang kuat, dibutuhkan ahli bangunan atau arsitek bangunan yang mengerti tentang kayu. Keakuratan dan presisi sambungan kayu harus dilakukan dengan tepat dan cermat agar rumah dapat berdiri dengan kokoh.
3)  Risiko Terhadap Kebakaran
Kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap api, sehingga kekurangan rumah kayu yang paling berisiko adalah bahaya kebakaran. Untuk dapat meminimalkan ancaman kebakaran adalah dengan memilih jenis kayu yang relatif lebih tahan terhadap api pada bagian rumah yang sering berhubungan dengan api. Selain itu, dalam merancang desain rumah, area dapur lebih mendapat perhatian.
4)  Resiko Terhadap Alam dan Rayap
Kondisi alam berpengaruh besar terhadap rumah kayu. Jika kayu terkena hujan dan panas secara terus menerus, sifat kekuatan kayu akan berkurang yang bisa menyebabkan kondisi kayu akan menjadi lapuk. Selain itu, serangga rayap adalah musuh utama kayu, terutama jenis kayu berkualitas rendah yang sangat rentan terhadap serangan rayap. Keberadaan rayap menjadi kekurangan rumah kayu. Untuk itu, sebaiknya memilih jenis-jenis kayu tertentu yang disesuaikan dengan fungsinya dalam rumah kayu.
Apapun keputusan untuk membuat atau merenovasi rumah tergantung pada Anda. Semoga yang saya tiliskan dapat membantu dan menjadi referensi bagi saudara dalam melakukan pertimbangan untuk membangun atau meningkat tempat hunian yang ideal. Sekian dan terimaksih.

0 komentar